18 Maret 2014

Selasa, Minggu Ketiga

Selasa, minggu ketiga.. Selalu menjadi hari yang dinanti..

Mengawali dengan beratnya menentukan topik penelitian, belum mengerti apa yang akan diteliti, materi yang sulit, atau mungkin semangat yang belum hadir..
Beranjak ke fase dimana mulai menentukan pembimbing dan melakukan bimbingan untuk konsultasi proposal, kadang lancar tapi banyak juga yang terhambat. Entah pembimbing yang perfeksionis, pembimbing sibuk, atau malah malas yang melanda..
Mendapati proposal ACC dan dilanjutkan ke fase seminar, fase selangkah dimana lebih unggul dari mereka yang belum menemukan ide, banyak telaah yang baik kadang ada juga yang tanpa telaah berarti, yang jelas PPT sudah dibuat semaksimal mungkin demi nilai yang maksimal diharapkan..

Selasa, minggu ketiga.. Selalu menjadi momen yang melegakan..

Penelitian.. beragam cara memulai dan mengakhirinya. Selalu ada masa dimana kita merasa lancar namun tak jarang kita tertahan sementara.. Data, ulangan, perlakuan, error, analisis, tak luput dari perhatian. Menyelesaikannya berarti setengah jalan menuju akhir. Tinggal menyusunnya.. Awalnya bingung, namun contoh terdahulu bisa dijadikan acuan untuk memulai. Draf pertama selesai, pengorbanan begadang karena analisis data, buat pembahasan, atau cari referensi pendukung mulai terbayar..
Saat pembimibing apresiasi dengan membubuhkan ACC seminar, langkah semakin ringan.. Semua berkas dilahap untuk diselesaikan sebelum memulai seminar hasil.

Selasa, minggu ketiga.. Selalu menjadi saat dimana perjuangan merasa terbayar tuntas..

Dagdigdug di awal, ada yang memberanikan melihat teman seperjuangan ada yang memilih menepi di luar menanti giliran eksekusi.. Berjalan bolak-balik menanti kehadiran tim dosen. Sumringah saat semua hadir tepat pada waktunya namun cemas dengan penonton yang kurang kuota, tarik orang sana-sini dan akhirnya seminar berjalan..
Kadang ada yang mengalami perubahan jadwal, tapi tetap semua dipersiapkan sebaik mungkin, nyaris tanpa cela..

Slide selesai dipaparkan, menanti masukan dari penelaah, menjawab pertanyaan dengan materi yang sudah siap, hingga akhirnya nilai dibacakan dan ada kata "Alhamdulillah' yang sangat panjang dan penuh kelegaan di momen ini. Satu tahapan lagi usai..  
Skripsi sudah resmi di tangan !

Selasa, minggu ketiga.. Selalu menjadi pembuktian kita mampu melewati satu fase hidup..

Pendadaran.. Urus berkas sana-sini, lengkapi berkas ini-itu.. Setelah selesai, cemas belum usai, ada banyak materi menanti dikalahkan. Mengulang semua materi dari awal memulai hingga perdalam materi skripsi, semua dilakukan agar tidak menjadi bulan-bulanan dosen penguji. Hari H datang begitu cepat, masih dagdigdug tak menentu lantaran tidak tahu siapa penguji. Saat dihadapkan dengan penguji mendadak semua berjalan lambat, pertanyaan kadang terlihat menjebak namun tetap berusah tenang. Usai melahap semua ujian dari penguji, sedikit wejangan dari penguji agar selalu menjaga nama baik alamamater. Keluar ruangan adalah momen yang bagi sebagian orang adalah hari terindah dalam hidup, begitu lega.. sangaaaat legaaaa..

Selasa, minggu ketiga.. Selalu ada momen yang pantas untuk dikenang untuk mencapainya..

Yudisium, tahapan menuju penobatan status sarjana. Berkas diselesaikan dengan cepat secepatnya agar segera dilantik dengan gelar baru di belakang nama.. Dekan membacakan surat keputusan, sebuah surat tanda kelulusan menjadi bukti, dan bertambah panjang lah kita dengan tambahan tiga huruf, S.Si.. Sakral.. Periode 4 tahun atau lebih demi tiga huruf baru di belakang nama, penuh perjuangan ! Sangat penuh perjuangan.. Setelah resmi, yang jelas tantangan baru muncul. Ungkapan 'Welcome to the real Jungle' mengaum.. Namun, sejenak euforia dengan foto-foto untuk kenangan menghapuskannya. Ah, pasukan putih-hitam, berdasi hitam, dan bersepatu mengkilap, atau dandanan semaksimal mungkin mewarnai kampus.. Selamat, resmi menjadi Sarjana !!

Selasa, minggu ketiga.. Selalu merupakan momen indah dalam hidup..

Toga sudah siap, dandanan sebaik mungkin bahkan rela sejak dini hari berdandan demi hari bersejarah dalam hidup. Berjalan menuju gedung seremonial digandeng kedua orang tua dan ditemani keluarga besar. Betapa membahagiakan momen itu. Momen dimana kita sangat patut menitikkan air mata bahagia sekaligus menatap mata kedua orang tua sembari memberi tatapan, "Terima Kasih Ibu, Bapak. Sarjana ini untuk kalian!"
Mengikuti seluruh prosesi hingga berakhir dan setelahnya, ada kawan-kawan seperjuangan menanti di luar gedung untuk selebrasi.. Momen yang mungkin sayang dilewatkan jika tidak dengan berfoto dengan para wisudawan. Ucapan selamat teriring bersama kado seperti bunga atau cinderamata yang berkesan. Ah, berfoto wisuda menjadi sebuah cita-cita terbesar mereka yang berkuliah, beruntunglah mereka yang wisuda bersama kedua orang tuanya. Bagi yang sudah tidak lagi ditemani, pasti selalu ada do'a dari hati dan mulut untuk mereka yang melihat dari dunia yang berbeda..

Selasa, minggu ketiga.. Tidak ada kata yang bisa mewakili lagi. Semua tersampaikan lewat pelukan dan ciuman tangan kepada orang terkasih terutama pada kedua orang tua..

Ada perjuangan yang bermuara di sana..
Ada penantian yang berujung di sana..
Ada kesenangan yang bertemu di sana..
Ada kebanggaan yang berada di sana..
Ada pengharapan yang bermula di sana..
Ada tangisan bahagia yang pecah di sana..
Ada perpisahan yang muncul di sana..
Ada kenangan yang teringat di sana..
Dan, ada pelukan yang hangat di sana..

Selasa, minggu ketiga.. Suatu saat kita mencapainya, merasakannya, dan melewatinya. Begitulah hidup semestinya...

Congraduation (Congratulation for Your Graduation)





Berbahagialah mereka yang menyelesaikan dengan perjuangan yang maksimal, semua terbayar dengan indah.. Teruskan hidup dan kembangkan ilmu yang didapatkan sebagi bekal di masa mendatang.. Selamat !

Selasa, minggu ketiga.. Suatu saat nanti atau saat itu tetap merupakan saat yang indah..

2 komentar:

  1. third week tuesday
    welcome to the truly life
    and I think it is soooooo crazyyyyyy
    haghag

    BalasHapus
  2. and not yet for me to get my third week tuesday.. should I get another crazy ? hahahaa

    BalasHapus