29 Maret 2013

Memori di Ujung Senja

Hai..
Apa kabarmu di sana ? Sempatkah kau menilik senja di ujung barat kota itu ? Sendiri sajakah kau menikmatinya ? Atau dengan pelabuhan hatimu yang kini ?
Aku di sini masih menikmati senja, sendiri atau dengan yang lain, tak jadi masalah..

Hmm, tergeragap benak ini seketika kala ada rindu menyerang dengan hebatnya. Entah mengapa seperti itu bisa kembali terjadi. Deja vu. Aku tidak menikmatinya, kala aku tahu jikalau perasaan itu hanya akan merusak apa yang telah terbangun di antara kita. Tembok dan dinding tebal yang membatasi segala rasa yang ada, di masa lalu tentunya. Kamu dan penggalan kenangan itu menyesakki rongga dada dengan jantung yang berdegup tak seirama kala rindu menjajah hati. Aku tidak menyukainya..

Sangat ingin kembali ku bersua denganmu. Seseorang yang pernah memberikan hatinya untukku dan aku memberikan segenap paruhan hatiku untuknya. Penuh rasa dan penuh perhatian. Tapi itu salah, itu tidak benar. Hanya akan menyakiti, membuka borok lama, menghancurkan yang kini ada. Otakku berusaha menepisnya meskipun perasaan menghendaki sebaliknya. Begitu biru rasanya. Random bisa pula dikatakan..

16 Maret 2013

Masa Depan vs Masa Lalu #LegPertama

Masa lalu itu bagian dari masa depan, sedangkan masa depan suatu saat akan menjadi kepingan masa lalu. Dan selalu berhubungan..

Masa lalu itu adalah masa depan yang hadir lebih dulu, sedangkan masa depan adalah masa lalu yang belum tampak jelas di depan mata kita..

Masa lalu tidak lebih dari kepingan teka-teki untuk masa depan, sedangkan masa depan tak ayalnya adalah kepingan teka-teki yang belum menjadi masa lalu..

Masa lalu adalah masa depan yang tertulis lebih dulu, sedangkan masa depan adalah masa lalu yang akan ditulis untuk menjadi masa lalu..

Masa lalu layaknya ombak yang mencapai pantai dan kehilangan deburannya, sedangkan masa depan adalah ombak yang memiliki deburan kuat sebagai hasil hilangnya masa lalu..

15 Maret 2013

Pilih Mana ?

Pilih mana, mengambil mata kuliah dengan nilai mudah dengan 'simpel'nya mata kuliah itu atau mengambil mata kuliah dengan nilai penuh perjuangan dan 'penuh'nya mata kuliah itu? jawabannya, tergantung IPK pasti (kalo udah bagus ya ambil, tapi kalo IPK masih minim ya ga ambil)

Pilih mana, kuliah saja dan sibuk kerjain tugas atau kuliah dan kerjain tugas sambil 'mainan' organisasi? jawabannya, tergantung orientasi kayanya (kalo study-oriented ya pilihan satu, tapi kalo experience-oriented mungkin pilih nomor dua)

Pilih mana, kuliah di jam pagi atau kuliah di jam sore? jawabannya, tergantung dosen dan materi kuliah kayanya (kalo dosennya ngantukin enakan ambil sore biar bisa tidur siang dulu kalo materinya banyak ya ambil sore juga biar bisa baca materi dulu walau kadang cuma sepik aja :p)

Pilih mana, ikutan UKM cuma buat penuhin kewajiban ikutan UKM aja atau ikutan UKM sesuai pilihan hati dan ga pikirin penuhin 100 poin buat pendadaran? jawabannya, tergantung seberapa minat yang mau ikutan UKM (kalo ga minat ya ikutan seminar aja yang banyak biar lulus tanpa punya pengalama ber-UKM)

Pilih mana, berjuang untuk mendirikan sesuatu meski banyak yang menentang atau malah menjatuhkan semangat orang yang mau membangun itu? jawabannya, tergantung isi kepala dan 'idealisme' si pengambil keputusan

Pilih mana, bersimbah peluh untuk jadi praktikan atau bersimbah peluh dan tenggorokan kering serta kaki pegel untuk jadi asisten? jawabannya, tergantung orientasi tingkat kesibukan

1 Maret 2013

Mencoba Untuk Memulai : StandUpFabio (part 1)

Sebagian besar tulisan di postingan ini adalah materi yang saya dapatkan dari blog salah seorang comic terkenal di Indonesia yang juga dianggap sebagai perintis dari berkembang pesatnya komunitas serta kultur Stand Up Comedy di Indonesia. Ya, dia adalah Pandji Pragiwaksono (cek tulisan lengkapnya di link ini). Postingan ini saya ambil dari postingan blog Pandji terkait Stand Up Comedy (yang berjudul Susah, tapi pasti bisa, ada 20 part)..

Menurut penelusuran di situs wikipedia, Stand Up Comedy merupakan salah setau gaya komedi yang menampilkan seorang komedian berada di depan para penonton dan langsung ditujukan untuk penonton tersebut, sang komedian kemudian disebut sebagai comic (comedian mic, kalo ga salah sotoy kepanjangannya, hehe). Jadi, sang comic akan mengeluarkan lawakan (jokes) yang biasa disebut 'bit' atau 'one-liner', sehingga lebih mirip seperi monolog dengan jokes yang mengundang tawa penontonnya..

Saya yakin banyak dari kalian yang mengenal para comic dari stasiun televisi atau video mereka yang rame digunjingkan khalayak. Sebut saja Ryan Andriandhy, Abdel, Mongol, Acho, Sammy (notaslimboy), Soleh Solihun, Pandji, Raditya Dika, dan masih banyak lagi. Mereka semua adalah contoh comic yang memberi angin segar untuk dunia entertainment di Indonesia. Mereka selalu punya ciri khas masing-masing yang pasti ditunggu-tunggu kalau mereka mulai untuk stand up. Contoh, Pandji dengan kampanye legalisasi ganja anti rokok atau esbeye yang suka banget bikin album, Acho dengan bit Priuk-nya yang khas, Dika dengan "pura-pura mati" atau yang lainnya. Mereka selalu punya bit yang bisa bikin para penonton ngakak..

Bicara tentang stand up pasti nanti ada hubungannya juga dengan open mic. Open mic adalah ajang bagi siapapun yang ingin belajar untuk menjadi comic, ataupun bagi comic yang sudah ahli sekalipun untuk mencoba bit baru mereka. Lebih seperti laboratorium percobaan (kata Pandji). Di open mic semua orang bebas untuk mengutarakan bit yang mereka miliki untuk memancing tawaan dari penonton. Stand up tidak semudah yang dibayangkan, ada alur yang mesti dibuat sehingga di akhir akan ditutup dengan tawaan yang crowded dari para penonton. Stand up comedy tidak sekedar jokes yang sepele atau enteng seperti pembicaraan konyol yang sehari-hari kita lakukan. It's absolutely different. Makanya, sebelum bisa mahir untuk jadi comic handal harus diawali dengan latihan lewat open mic.

Nah, ada keinginan nih untuk membentuk suatu komunitas yang mungkin tertarik untuk stand up, atau punya banyak jokes tentang segala hal, atau mau menyalurkan bakat dalam hal ngelawak di lingkungan kampus saya, Fakultas Biologi, makanya judulnya ada tambahan StandUpFabio. Semua orang punya kapasitas untuk menjadi comic, tinggal bagaimana membangun sebuah image comic yang baik dan memang seperti comic yang sudah handal.

Semua diawali dari open mic.. 

If you want to join and be a pioneer, it's time. Your school time will be waste if you don't have a little time to make a joke. So, let's joke together and laughing together.. hahaha.. 

See you soon :)