30 Januari 2013

Beberapa yang Absurd

Tulisan ini sedikit banyak dipengaruhi oleh keadaan sekitar dan beberapa tokoh favorit saya..
 
Ada banyak hal wajar di dunia ini dan tidak sedikit pula hal absurd yang ada di dunia ini. Gak ada masalah dengan hal yang wajar dan dilakukan oleh orang yang wajar. Hal yang absurd kadang bahkan sering sekali mengganggu "ketentraman" orang lain..

Hal absurd disini meliputi banyak hal dan itu mungkin mengganggu "ketentraman" beberapa orang. Mengapa? Karena diumbar melalui jejaring sosial ataupun tempat yang sangat publik. Ada beberapa yang pernah, sedang, dan semoga tidak akan saya temui lagi di lain waktu, (hahaaa..) yang akan coba saya beberkan di sini.

Pernah suatu waktu ada kabar terkait remidi atau ujian perbaikan untuk satu mata kuliah. Geger banget waktu itu, kejadiannya semester satu dan itu mata kuliah melibatkan dosen di luar kampus saya. Ternyata ada tugas yang ditujukan pada semua mahasiswa pengambil mata kuliah untuk mengerjakan tugas. Nah, berhubung teman-teman udah pada balik dan kebetulan saya masih stay di kota rantau, saya coba telusuri kabar itu. Sms sana-sini dan permohonan sana-sini akhirnya setelah yakin memang tugas itu ditujukan kepada kita barulah saya bersiap untuk mengerjakan tugas itu dan tugas "titipan" dari teman saya yang udah pada balik (setia kawan gitu lah ceritanya).

29 Januari 2013

Semua Terkadang Sulit

Sore ini seperti biasa saya terduduk di depan laptop kesayangan saya dan melakukan hal yang sama seperti biasa saya lakukan tiap harinya. Memandangi keluh kesah, kesenangan, ataupun curahan perasaan yang mereka rasakan satu hari ini atau akhir-akhir ini melalui (jejaring sosial tentunya). Tidak ada yang salah sepertinya, itu hak mereka untuk berkata apapun karena itu memang (mungkin) salah satu cara untuk menarik perhatian orang lain ataupun  menghilangkan sedikit beban masalah yang mereka hadapi..

Banyak hal yang dirasakan oleh orang-orang itu, bervariasi dan memang karena semua berjalan berbeda bagi tiap orang. Pernah saya menonton satu film, judulnya Equilibrium (lupa siapa yang main, hehe), intinya film itu berisi sebuah peradaban dimana seseorang dilarang memiliki perasaan, semua berjalan datar, sama, dan terdoktrin oleh propaganda satu orang di sebuah layar besar yang tak henti-hentinya tayang 24 jam penuh. Itu tidak bagus! Suatu saat pemeran utama memiliki perasaan jatuh cinta dengan seorang wanita yang sebenarnya sudah bersuami dan itu tidak terdeteksi oleh alat yang dirancang untuk mengetahui emosi seseorang. Singkat cerita, sang tokoh utama kemudian melakukan pemberontakan dan akhirnya menciptakan peradaban yang lebih memiliki "perasaan"..

Suatu sore saya pernah mendapati bagaimana seseorang begitu mengutuk

28 Januari 2013

Secangkir Cokelat #2

Aroma cokelat ini mengganggu sensori olfaktori-ku. Dia mengubah semua aroma memoriku denganmu jauh lebih indah dan aku menyesalinya..

Kamu ibarat matematika, terlihat simpel di luar namun rumit dalam mengertinya..

Tiap hela oksigen yang memenuhi pulmonari-ku, seperti itulah senyumanmu menyesakki dinding cerebrum-ku, indah namun hanya memori..

Seketika kelopak mataku refleks menutup, ada silir angin disana bersama hangat sentuhan metakarpal-mu menyentuh pipiku, sayang hanya dalam anganku..

Bahkan indeks shannon-wiever-pun tidak mampu menerjemahkan bagaimana keragaman perasaanku saat semua ingatan tentangmu muncul di kepalaku, terlalu indah..

27 Januari 2013

Secuil Tulisan Untuk Kota Ini

Sampai saat ini saya masih belum percaya sepenuhnya bisa kuliah di kota ini. Saya masih membayangkan bisa berkuliah di kota yang lebih mentereng. Depok, Yogyakarta, Bandung, ataupun Semarang. Tapi, keinginan itu pupus semenjak 3,5 tahun yang lalu, karena memang ditakdirkan untuk studi di kota ini, ya sudahlah...

3,5 tahun yang lalu, jadi momen perjuangan tiap siswa SMA se-angkatan saya untuk berjuang mendapatkan PTN favorit dengan jurusan yang diinginkan masing-masing dan saya termasuk di dalamnya. Banyak sekali jalur yang ditawarkan (pada saat itu) untuk masuk PTN favorit. Lewat jalur penelusuran minat dan bakat, lewat jalur ujian tulis, ataupun lewat seleksi nasional, semua punya kesempatan untuk mendapatkan jurusan yang terbaik dan PTN terbaik tentunya. Sejak kelas 1 SMA saya memiliki hasrat besar untuk berkuliah di Depok atau Bandung (you know what I mean), bukan tanpa alasan karena memang di sana ada PTN terbaik dan saya yakin banyak siswa yang punya keinginan untuk menghabiskan masa studi di PTN tersebut. Kondang, familiar, bonafit, dan prospektif, itu yang ada di pikiran saya waktu itu. Beranjak menduduki bangku kelas 3 SMA,

25 Januari 2013

Obrolan Senja #2

Hari ini, hari jum'at, hari dimana semua lelaki muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk menunaikan ibadah shalat jum'at. Ibadah yang menjadi kewajiban bagi para lelaki muslim untuk mengganti ibadah shalat dhuhur. Hari ini, hari jum'at, sehari setelah hari kamis dan sehari sebelum hari sabtu.. Itu tandanya sudah memasuki akhir minggu.. Bagi sebagian orang, akhir minggu menyenangkan, namun bagi saya mungkin tidak akan terlalu menyenangkan, ya biasa saja..

Jum'at, Sabtu, dan Minggu dikenal sebagai akhir minggu. Bagi kebanyakan orang, ada yang khas dari setiap hari tersebut. Setidaknya, menurut saya, ada hal yang dinanti dari tiap hari tersebut. Memang, akhir minggu itu adalah saat paling dinanti oleh kebanyakan orang yang jenuh dengan segala aktivitasnya di hari senin hingga jum'at..

Hari Jum'at dikenal sebagai hari yang  "pendek", begitu kata kebanyakan orang. Mengapa? Karena jam istirahatnya lebih cepat (biasanya jam 11 atau jam setengah 12 siang) dan pulangnya tetap sama. Selain itu, di beberapa instansi

24 Januari 2013

Secangkir Cokelat #1

Aku masih mengingatmu dengan jelas, semua raut wajahmu, kala kau tersenyum, kala kau marah, ataupun kala kau menangis.. Tahukah kau, selalu ada tempat di dinding kepalaku ini untuk tiap lukisan wajahmu itu, bagaimana denganmu ?

Hujan selalu punya cara untuk mendatangkan memori denganmu. Hujan rintik itu mengingatkanku saat aku melihat senyumanmu yang paling indah sedangkan hujan lebat mengingatkanku saat kau memegang tanganku dengan erat disertai dengan senyuman indahmu..

Pesan pendekmu masih aku simpan,

Daun Akan Tetap Hijau, Meski Awan Menghitam

Sore itu dengan mengendarai sepeda motor kesayangannya, seorang lelaki menyusuri jalanan yang basah karena rintik hujan sempat turun, meskipun cuma sebentar. Tujuannya? Tidak jelas. Selalu seperti itu. Seperti banyak hal di kepalanya yang mengganggu akan kemanakah dia berjalan dengan sepeda motornya. 5 menit berlalu.. 10 menit berlalu.. 15 menit berlalu.. Masih di atas sepeda motornya dan dengan tatapan penuh kehampaan, kosong, tidak berteman.. Hingga tibalaha dia di sebuah jembatan yang di bawahnya mengalir sungai yang tidak terlalu besar, kira-kira 3 meter lebarnya. Masih dengan helm yang melekat di kepalanya dia memperhatikan lamat bayang wajahnya terpantul dari aliran sungai yang cukup deras.. Cukup lama dia berdiri di situ, terlihat samar apa yang ada di bayangannya berjalan terangkai lurus dari sungai tersebut..

Belum lama ini dia baru saja dinobatkan sebagai

23 Januari 2013

Memulai Selalu Sulit

"Banyak jalan menuju roma",
"Dimana ada kemauan disitu ada jalan", 
"Alah bisa karena biasa"

Sedikit pepatah yang ada kaitannya dengan perjuangan menuju sesuatu yang diinginkan. Sebenarnya mudah saja untuk mencapai dan mendapatkan apa yang kita inginkan atau kita cita-citakan, kuncinya ada niat dan memang punya kemauan keras. Segala sesuatu atas dasar kemauan memang mudah akan terselesaikan dan cepat selesai. Tapi, tidak dengan semudah membalikkan telapak tangan juga

21 Januari 2013

Nikmati Saja, Selagi Sempat

Sore ini saya terduduk di ruangan biasa saya menghabiskan waktu. Bersama teman setia saya yang tidak pernah meninggalkan saya (HP nokia dan laptop) ditambah oleh kawan lama yang selalu ada saat dibutuhkan (segelas kopi). Sore ini, langit mendung dan akhirnya limpahan airnya menyesaki bumi kota ini, ya intinya lagi hujan gitu cuacanya, haha. Ada perasaan tenang di sana, perasaan yang penuh dengan lenguhan nafas tenang tanpa memburu. Nikmat dan jauh dari tekanan, begitulah nyatanya..

Di sruputan pertama dari kopi saya begitu terasa aroma kopi dengan campuran rasa moka-nya dan langsung mengecap lidah dengan nikmatnya. Sesaat terlintas banyak cuplikan lama tentang apa yang sudah dikerjakan hari ini, kemarin, kemarinnya lagi, minggu lalu, bulan lalu, bahkan tahun lalu. Berapa lagi saya bisa menikmati saat seperti ini? Kapan saya bisa merasakan perasaan tenang dan keadaan seperti ini lagi? Mungkinkah akan datang lagi saat seperti ini? Yang jelas pertanyaan ini akan terjawab di masa mendatang, dan catatan ini akan menjadi milestone-nya.

Ketikan jari saya melambat kala sebuah pesan pendek datang menghampiri HP kesayangan saya. Dari teman lama yang sudah lama tak berjumpa, menanyakan sedikit hal namun bercerita banyak hal.

20 Januari 2013

Semua Ada Waktunya

"Woiii, apa kabar loe? Gimana skripsi lancar? Doain gw yaa bulan depan mau sidang nih, bentar lagi gw lulus..."

Kira-kira itu percakapan saya di suatu siang via salah satu jejaring sosial (sebut saja twitter) dengan kawan lama saya di SMA dulu. Agak tercekat dengan pertanyaan yang dilontarkan olehnya, namun perlahan saya sadar, itu hal yang wajar bagi seseorang akan mengakhiri masa studinya di kampus. Saya masih maklum dia bisa lulus cepat karena memang lulusan di jurusan itu lulus dalam waktu yang singkat (grade-nya sama-sama S1), memang dia dari jurusan sastra dan saya dari jurusan sains, dan tidak bisa dikatakan itu sebagai perbandingan sepadan dari beban kuliah yang diterima, namun tetap saja saya terkejut mendengar kabar dia akan wisuda. Ada perasaan yang agak mengganggu setelahnya, perasaan seperti "kemana aja lo? temen lo udah pada lulus tapi lo malah bingung mau mulai TA apa gak!" atau "mau lulus kapan lo? mau dikatain angkatan tua yang ga lulus-lulus?" atau mungkin "kok gw bodoh banget ya, udah semester segini tapi belum tau mau TA kapan". Ya, jujur saya mendengarkan kata-kata itu mengisi kepala saya yang memang belum ada niatan menuju tugas akhir. Tapi, ya saya tidak mau ambil pusing, karena memang belum ada niatan. Toh, segala sesuatu tanpa niat ya hasilnya gak akan maksimal, ya kan?

Untuk segelintir orang, penelitian ataupun skripsi haruslah hal yang luar biasa karena ini cuma sekali seumur hidup,

18 Januari 2013

Obrolan Senja #1

Nah, kalo sudah tiba waktu setelah shalat ashar, itu sebenarnya momen yang saya paling tunggu.. Bukan, bukan karena akan segera buka puasa atau kerjaan kelar, tapi ada suatu peristiwa alam yang indah nan elok yang sayang untuk disia-siakan.. Itu adalah senja..

Ada apa dengan senja? Apa sih nikmatnya mencari atau melihat senja? Terus kaitannya dengan saya apa? Senja itu indah (bagi saya), indah, tentram, dan menarik. Sayapun lupa kapan pertama kali saya jatuh cinta dengan senja (bukan konotasi ini lho).. Yang jelas itu salah satu momen yang menurut saya sayang kalo ga kita nikmatin apalagi sama orang terkasih (ga harus pacar! orang tua atau temen itu lebih baik..)

Kalo bicara senja, hal yang menarik saat matahari beranjak menuju peraduannya. Kalo kata anak SD sih, "terbenam di sebelah barat", nah itu tuh bisa narik kita ke dalam siluet kenangan yang dulu pernah kita rasain..

17 Januari 2013

Inspiration : Find, Explore, and Enjoy it..

Inspirasi,..

sumber : mindmapinspiration.com
Percaya atau tidak dan disadari atau tidak, setiap orang pasti butuh hal tersebut dan mencari hal tersebut..
Semua orang pasti punya cara yang ga sama untuk mendapatkan inspirasinya. Ya, kembali lagi ke tiap orangnya.. Sedikit ngutip kalimatnya Pandji Pragiwaksono di blog-nya, "setiap orang punya orisinalitasnya sendiri-sendiri, karena tiap orang pada dasarnya unik".
Nah, sangat wajar kalo tiap orang punya cara sendiri buat dapetin inspirasinya..

16 Januari 2013

Karena Semua Relatif

Berbicara tentang segala hal itu sebenarnya relatif..
Kalo kita ngomong tentang indahnya sebuah gambar, belum tentu itu berlaku buat orang lain, karena semua itu relatif..
Lain lagi apabila kalo kita ngomong tentang jeleknya dandanan seseorang, ya bukan hal yang berlaku sama pula buat orang itu ataupun orang lain yang sealiran..
Sekali lagi, relatif..

Relativitas dikenal gara-gara Einstein yang menemukan teori Relativitas. Semakin besar massa suatu benda apabila dikalikan dengan kuadrat kecepatan cahaya maka akan semakin besar energi yang dikeluarkan.. Nah, ternyata relativitas juga berlaku buat hubungan dengan seseorang. Percaya atau tidak? Coba dipikirkan...

Pertama, banyak yang mengira kalo seorang cowo itu lazim untuk memulai hubungan dengan seorang cewe. Cewe cenderung tidak akan memulai dengan membawa embel-embel, "gw kan cewe". Sumpah ini adalah kalimat yang bisa memutarbalikkan fakta tentang upaya emansipasi wanita. Kenapa?