5 November 2013

Sekelumit Dokumentasi Mangrove Replant 2013

Baru-baru ini tepatnya tanggal 1-3 November 2013 baru saja saya mengikuti acara yang diadakan oleh teman-teman dari @KeSEMaT yaitu acara Mangrove Replant 2013 yang berlokasi di BP Dikjur Semarang dan Desa Timbulsloko, Demak. Acara ini berfokus pada Pelatihan serta Seminar Nasional tentang upaya perbaikan ekosistem mangrove di kawasan pantai Utara Jawa.

Acara Mangrove Replant 2013 mengambil tema Mangrove for Resilience, yang didasarkan pada pemanfaatan ekosistem mangrove sebagai bentuk pertahanan terakhir di berbagai bidang seperti sosio-ekonomi dan lingkungan. Cukup padat rangkaian acara

28 September 2013

Sudah ?

Kita tidak lagi saling menyapa, hanya sunyi yang muncul...

Kita tidak lagi sering menghabiskan waktu bersama, hanya menikmati waktu bersama kesendirian...

Kita tidak lagi berpegangan tangan, hanya ada ruang kosong diantara jari padahal kita jalan bersama..

Kita tidak lagi sering bercerita lewat telepon, hanya saling bercerita sekedarnya saja atau bahkan tidak lagi saling menelepon...

Kita tidak lagi sering bertukar pesan pendek, hanya mematung melihat nama masing di kontak HP dan menahan diri untuk tidak memulai lebih dulu...

22 Agustus 2013

Patah Hati Itu, Kata.....

Patah hati itu, kata Evolusi itu adalah saat pulau Pangea terpecah dua menjadi Laurasia dan Gondwana..

Patah hati itu, kata Virologi itu adalah saat virus gagal melakukan attaching ke membran sel inangnya..

Patah hati itu, kata Biologi Molekuler itu adalah saat enzim restriksi mulai mencerna urutan basa nitrogen dan memecah menjadi beberapa fragmen baru..

Patah hati itu, kata Mikrobiologi Industri adalah saat pertumbuhan bakteri dalam suatu fermentor mengalami fase kematian dan produk biomassa yang dihasilkan menurun drastis..

21 Agustus 2013

Penggalan Harap

Mari berharap seraya berdo'a agar semua harapan kita terkabul, dan itu adalah ciri-ciri dari orang yang egois..

Berharap pada sesuatu yang tidak bisa diharapkan, lebih baik untuk segera mencari bentuk pengharapan lain yang lebih nyata..

Harapan selalu punya kesempatan untuk berhenti di tengah jalan, bukan karena tidak mungkin, tapi perjalanan mencapai tujuan terlalu jauh..

Tidak akan mati orang yang punya harapan berlebihan, yang ada hanya lupa diri..

Letak kesalahan orang yang selalu berharap adalah mengharapkan sesuatu pada hal yang tidak mungkin..

20 Agustus 2013

Politik Dan Kopi

Politik itu penuh intrik.
Politik itu jahat.
Politik itu tidak lebih dari omong kosong.
Politik itu busuk.
Politik itu kotor.

Begitu banyak konotasi negatif saat banyak orang mendengar kata politik. Anggapan bahwa politik hanya berisi dengan kabar buruk, hal-hal yang penuh dengan konflik, dan tidak pantas untuk diikuti. Anggapan inilah yang membuat banyak orang tidak ingin terlibat di dalam politik, atau mengikuti kabar politik. Padahal, kita hidup dalam suatu tatanan negara yang penuh dengan bumbu politik di sana-sini.

Apa itu politik ? Politik berasal dari bahasa Yunani yang kurang lebih memiliki makna "mencapai suatu tujuan". Definisi menyempit saat muncul pemerintahan yang berbau kekaisaran, monarki, dan semakin menyempit lagi saat muncul istilah republik atau federasi. Politik diartikan sebagai "segala sesuatu yang berhubungan dengan pemerintahan". Sebenarnya, politik bisa diartikan sebagai segala upaya demi mencapai suatu tujuan. Jadi, politik semacam jalan demi mencapai tujuan yang diinginkan.

Mengapa muncul definisi negatif dari istilah politik ? Itu, karena terlalu banyak

19 Agustus 2013

Cinta Itu, Kata .....

Cinta itu, kata Fisika adalah saat gaya yang diterima oleh suatu benda sama dengan gaya yang dikeluarkan oleh benda tersebut, atau saat Faksi = Freaksi..

Cinta itu, kata Mikologi adalah saat spora jatuh di tempat lembab dan tumbuh membentuk tubuh buah lengkap..

Cinta itu, kata Kimia adalah saat reaksi oksidasi dan reduksi berjalan setimbang baik di persamaan kanan dan persamaan kiri, atau nilai dari entalpi yang terbentuk bernilai positif..

Cinta itu, kata Biologi adalah saat feromone merangsang hipotalamus mensekresi endorfin yang dapat membuat riang atau senang..

Cinta itu, kata Matematika adalah saat mencapai bilangan prima, hanya butuh 2 bilangan untuk membentuknya dan tidak dapat dibagi dengan yang lain..

Cinta itu, kata Geografi adalah saat dimana dua lempeng saling bertumbukan, memunculkan getaran, namun pada akhirnya muncul pulau yang sangat indah..

Cinta itu, kata Sejarah adalah saat dimana semua kenangan patut untuk ditulis dan disampaikan, mulai dari pelaku, waktu, dan insiden yang terjadi..

Cinta itu, kata Mikrobiologi adalah sesuatu yang amat kecil, sulit tampak kasat mata, namun punya dampak besar bagi lingkungan sekitarnya..

Cinta itu, kata Genetika adalah saat dimana semua faktor baik maupun buruk dapat diturunkan baik secara genotip maupun fenotip..

Cinta itu, kata Biokimia adalah ibarat enzim yang telah menemukan sisi aktif dari substrat dan mampu mengkatalisis pembentukan produk..

Cinta itu, kata Ekologi adalah hubungan timbal balik antar dua makhluk hidup, bisa menguntungkan, merugikan, atau bahkan tidak memunculkan efek pada salah satu atau keduanya..



Cinta itu bahasa universal yang mampu dimengerti banyak orang, meski sulit terdefinisi makna sejatinya..
Berbahagialah mereka yang masih bisa merasakan cinta, karena cinta adalah anugerah dari Allah bagi makhluk-Nya..

18 Agustus 2013

Namanya Waktu..

Tidak pernah berlari waktu dikejar..
Tidak pernah mendahului waktu dilalui..
Tidak pernah datang waktu terlewati..
Tidak pernah hilang waktu berjalan..

Waktu itu terbagi menjadi tiga. Ada yang bilang hanya dua. Ada yang bilang hanya satu. Tapi seharusnya tidak pernah ada yang bilang tidak ada waktu.

Bagi seorang realis, waktu itu ada tiga yakni masa lalu, masa kini, dan masa depan.
Bagi seorang pragmatis, waktu ada dua yakni masa kini dan masa depan, tidak ada masa lalu.
Bagi seorang pengenang, waktu hanya ada satu yakni masa lalu, masa depan dan masa kininya hanya dipakai untuk mengenang masa lalu.
Bagi seorang visioner, kadang mereka lupa punya masa kini, mereka lebih sering menatap masa depan dan cenderung lupa masa lalu.

Dasarnya, waktu berjalan lurus ke depan, tidak bersifat bolak-balik, dan berjalan konstan. Dan banyak orang lupa akan hal itu. Terlalu banyak orang yang suka menyia-nyiakan waktu (termasuk gue) untuk hal-hal yang tidak penting seperti

17 Agustus 2013

Nasionalisme Musuh Skeptis


Apakah salah jika kita suka nonton film Indonesia ?
Apakah salah jika kita suka baca buku buatan Indonesia ?
Apakah salah jika kita suka berlibur ke dalam negeri ?
Apakah salah jika kita suka pakai produk buatan Indonesia ?

Semua pertanyaan di atas seharusnya dijawab "TIDAK SALAH"
Tapi, apa yang terjadi saat ini ?
Tidak banyak orang yang suka nonton film dalam negeri..
Tidak banyak orang yang tahu kalo Indonesia juga punya para penulis buku yang handal..
Tidak banyak orang yang suka berlibur di dalam negeri padahal banyak destinasi luar biasa indah di sini..
Tidak banyak produk dalam negeri yang menjadi trademark bagi banyak pribumi..

10 Agustus 2013

Secangkir Cokelat #6

Sendiri itu mirip seperti cokelat, tampak sangat nikmat tapi pahit rasanya..

Berpasangan itu dimulai dari adanya kesendirian, jadi tidak perlu takut sendiri lagi..

Sendiri itu adalah waktu dimana kita tidak lagi berpasangan..

Sendiri adalah bagian kosong yang terisi saat kau telah berpasangan..

Mengapa masih sendiri ? Oh, sepertinya kau gagal membuka hati untuk masa depan..

12 Juli 2013

Senja Bersaksi

Memoriku terhenti di senja itu..
Kenanganku bersamamu berhenti di senja kala itu..
Aku dan kamu tak lagi bersama sejak senja itu..
Senja itu adalah saksi bagaimana kita tidak lagi bersama..

Kabarmu akan selalu baik, aku yakin itu. Terlepas dari apapun yang mengganggu pikiranmu.. Akupun yakin kamu sudah menempatkan egomu pada tempat yang benar. Tidak lagi abu-abu seperti kala itu. Semua hal yang membuat egomu menghitam adalah karena kesabaranmu yang telah menemukan batasnya. Aku sangat mahfum hal tersebut. Aku penyebab mengapa semua angan dan sabarmu menjadi sangat terbatas dan tak ada lagi sisa..

Aku dan kamu saling bertemu dalam sebuah momen indah yang kini menjadi masa lalu..

11 Juli 2013

Melawan Arus

Arus selalu bisa mengombang-ambingkan sesuatu..
Arus punya kekuatan untuk membelokkan perjalanan sesuatu..
Arus membentuk aliran sendiri yang tidak mengenal istilah 'kembali'..
Arus menjadi penghalang yang kuat bagi yang melawannya..
Namun, melawan arus bukanlah hal yang tidak mungkin, semua mungkin saat kita mengetahui ada yang mampu dan berusaha untuk menaklukkannya meskipun akhirnya mereka akan mati..

Salmon..
Merupakan tokoh pelawan arus paling gigih sedunia. Dia bukan seorang tokoh manusia ataupun pahlawan super, dia hanyalah ikan. Apa menariknya dia ? Dia tidak menarik dari segi penampilan, kecerdasan, ataupun ukuran, tapi perjuangan dan keberanian dia menantang arus yang membuatnya menarik..

10 Juli 2013

Senja Denganmu (lagi..)

"Aku begitu menginginkanmu, dulu..
Aku begitu menikmati senyumanmu, dulu..
Aku begitu menyayangimu, dulu..
Dan, aku begitu mencintaimu, dulu.."

"Dulu yang akan ku harapkan menjadi kenangan kala kita tak lagi bersama, 
namun sampai waktu yang tidak ditentukan batasnya, aku hanya ingin bersamamu.."

Dua orang sedang duduk termangu di sebuah papan panjang dengan membelakangi matahari senja yang semakin menjingga.. Tidak ada sepatah katapun yang terucap, tidak ada mimik muka yang terlihat menunjukkan air wajah sedikitpun.. Semua datar, sangat datar.. Sunyi di kala senja yang semakin menyepikan hawa senja kala itu.. Semua adegan tersebut bersumber pada suatu hal yang tampak berat untuk dijalani..

Sang lelaki tampak memegang secarik kertas yang secara samar terbaca tulisan "DITERIMA" di dalamnya.. Kertas tersebut terlihat agak sedikit berantakan dengan bekas robekan yang terlihat menganga.. Mukanya tertunduk,

5 Juli 2013

Review #MesakkeBangsaku Bekasi : Petjaah!

Hai, saya Sodik dan ini blog saya..
Karena kebetulan saya punya blog, saya orang Bekasi, dan kemarin saya nonton Standup Show Special-nya Pandji Pragiwaksono, jadi saya ingin membuat review mengenai acara 'petjaah' (baca : pecah) yang kemarin terlaksana akhir Juni kemarin dan bertempat di Islamic Center Bekasi, dan acara itu bernama :

"StandUp Show Special Pandji : #MesakkeBangsaku"

sumber : pandji.com


Ini adalah acara Standup Show Special-nya Pandji yang ketiga setelah Bhinneka Tunggal Tawa dan Merdeka Dalam Bercanda, kali ini tajuknya "Mesakke Bangsaku"
Nah, acara ini disponsori oleh @smartfrenworld dan citilink dan juga gak lupa komunitas comic se-Bekasi dalam naungan @StandUpIndo_Bks..

Sebelumnya saya pernah nonton langsung standup show-nya Pandji satu kali (#HGTT yang set-nya sama kaya MDB, jadi setidaknya saya dianggap sudah nonton MDB lah ya, hehee..) Nah, ini kali kedua saya nonton StandUp Show Special-nya Pandji dan saya rela untuk pulang dari kota rantau tempat kuliah saya hanya untuk nonton acara ini, dan hasilnya ?

27 Juni 2013

Teruntukmu, Sahabat...

Hai kamu, sahabatku..

Apa kabarmu hari ini ? Yang jelas selalu terselip keinginan untuk selalu mendapatkan kabar baik tentangmu, dimanapun kau berada..

Pagi ini, saat aku membuka mata tak sengaja aku mendapati ada memori usang yang berlari-lari kecil di kepalaku. Memori usang namun selalu terkenang, bukan karena indahnya atau sedihnya, tapi karena momen itu terabadikan denganmu, sahabat.. Karena menurutku, semua memori yang melibatkanmu di dalamnya adalah hal yang tidak boleh terlupa..

Memori itu sangat simpel, bagaimana kita saling bertukar senyum sambil melempar nama kita masing-masing dan saling berjabatan. Mendapatkan teman baru hari itu adalah hal yang menyenangkan, kala tidak banyak orang yang dikenal baik nama maupun wajah.

Seiring berjalannya waktu, muncul rasa keakraban yang makin dalam karena intensitas pertemuan dan komunikasi yang semakin sering. Tidak tiap jam kita menghabiskan waktu bersama namun setiap jam bersamamu adalah hal yang menyenangkan. Bagaimana kita bercanda,

13 Juni 2013

Teh di Kampus Biru #3

The Fact #21 :
Galau mau kerjain laporan gara-gara gak pegang dan data dipegang sama teman sekelompok, padahal dikumpulin besok..

The Fact #22 :
Hari ini praktikum, besok pengamatan, lusa laporan dikumpulin..

The Fact #23 :
Disuruh buat kartu perpus dari pertama masuk, eh dipakainya cuma pas udah semester akhir, cuma buat pinjem skripsi (liat formatnya aja)..

10 Juni 2013

Frasa dan Memori

Waktu berjalan maju, saat dia berjalan mundur saat itulah masa lalu menguasai..
Masih bertanya, apa kabar kamu di sana wahai sang penggenggam segala kenangan masa lalu-ku ?

Masihkah kau mengingatku ? Seperti matahari yang datang di kala pagi, tak pernah luput ataupun telat memberi kehangatan bagi tanah yang kedinginan kala malam..

Ataukah kau telah melupakanku ? Laksana matahari yang meninggalkan senja, kadang dengan jingga kadang dengan gelap pekat..

9 Juni 2013

Teh di Kampus Biru #2

Kali ini edisi agak sedikit sarkas.. kalo ada yang tersinggung, maaf yaa :D

The Fact #11 :
Datang asistensi, sudah telat, disuruh pulang karena ga pakai kaos berkerah atau sepatu tertutup..

The Fact #12 :
PII selalu dapat buku dari yang mau lulus, tapi yang ke PII cuma mahasiswa yang mau lulus aja..

The Fact #13 :
Green campus katanya, Environmental-based katanya, tapi kelas ber-AC dan tempat sampah jarang ketemu..

8 Juni 2013

Teh di Kampus Biru #1

The Fact #1 :
Hari ini jadwalnya padat, kuliah dari pagi, siangnya ada praktikum, sorenya ada pengamatan praktikum, malamnya ada kuliah pengganti (karena dosen berhalangan)..

The Fact #2 :
Mahasiswa telat 15 menit dari jadwal suatu mata kuliah, dosen suruh tutup pintu dari luar. Dosen telat 15 menit dari jadwal, mahasiswa yang ada di kantin dan di kosan balik lagi ke kampus..

The Fact #3 :
Mau praktikum disuruh kumpulin kartu praktikum plus foto, kalo ga ada foto nilai kuis ga keluar atau ga ditulis di kartu..

2 Mei 2013

Intelek ? Telek ? Tergantung!

Hari ini, 2 Mei, diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang sekaligus merupakan hari lahir dari tokoh pendidikan sekaligus bapak pendidikan nasional, Soewardi Soeryaningrat atau yang populer dengan Ki Hajar Dewantara. Entah atas dasar apa pemerintah menetapkan hari lahir beliau sebagai hari pendidikan nasional, padahal banyak tokoh lain yang juga punya peran besar dalam sejarah pendidikan nasional. In my opinion, kayanya bakalan lebih 'ngena' kalau yang dijadikan acuan menentukan hari penting adalah peristiwa bukan ketokohan, misal tanggal sekolah pertama di Indonesia berdiri atau tanggal dimana seorang presiden lulus UN (dengan nama pada zamannya, tentunya), mungkin saja 'kan? hehee..

Anyway, hari pendidikan nasional juga identik dengan upacara peringatan. Apa yang harus diperingati? Matinya pendidikan murah di Indonesia? Gagalnya UN SMA 2013? atau perubahan kurikulum? Janggal rasanya dengan tema "membangun generasi emas Indonesia" namun masih terkotak dengan kenyataan adanya UN, perubahan kurikulum, ataupun akses pendidikan yang memadai dan merakyat. Hal ini masih merupakan PR besar kita semua dan pemerintah tentunya sebagai pembuat kebijakan. Apalagi sudah beberapa tahun ini, anggaran sektor pendidikan dalam APBN teleh menyentuh level 20% lebih.

Hari pendidikan nasional tahun ini, saya masih berada di bangku kuliah. Tidak ada yang spesial selain upacara ataupun pidato membosankan. Hingga sore hari, saya tidak tahu ada hal menarik apa yang terjadi di kampus saya. Seketika mengamati sosial media, mata saya terpaku pada sebuah artikel yang berisikan

30 April 2013

#KampungGue

Apa yang terlintas di benak kalian waktu denger kata "kampung" ?

Udik ? 
Gak ada tv ? 
Gak ada sinyal provider ? 
Gak ada mall ? 
Jalan masih tanah dan belum aspal ? 
Rumah bertembokkan anyaman bambu ?
Ya, harus saya akui, sedikit banyak saya juga berpikiran seperti itu..

Saya memiliki kampung halaman layaknya kebanyakan anak para perantau dari bagian jawa yang agak ke timur (jawa tengah, jogja, atau jawa timur), meskipun domisili berada di kota besar. Kampung halaman saya terletak di Kabupaten Sukoharjo, Kecamatan Bendosari tepatnya (kalo kata teman saya, itu daerah terpencil -_-), sekitar 30 menit dari pusat kota Solo (kalo ini asli kira-kira aja, haha) tapi buat masuk ke desa-nya luar biasa sekali, bisa 45 menit sendiri, ckck. Daerahnya memang agak terpencil, di pinggir jalanan menuju desa itu dikelilingi hamparan kebun tebu (kebetulan lagi musim tanam jadi ya agak horor kalo lewat malam hari, hehe..) yang lumayan luas juga dan mungkin salah sentra penghasil tebu untuk daerah Karesidenan Surakarta.

Kebetulan saya beruntung memiliki kesempatan untuk kembali ke kota kelahiran saya dan ayah saya ini (Ya, saya lahir di sukoharjo, tapi berhubung akte diurus di Bekasi, jadi tempat lahir saya di Bekasi bukan Sukoharjo),

21 April 2013

Dan Itu Beda....

Hati dan logika itu tidak akan pernah menyatu, banyak orang yang mengatakannya.. Mungkin memang seperti itu takdirnya, atau mungkin tidak.. Segala kemungkinan itu ada, satu hal yang tidak memiliki unsur kemungkinan hanyalah masa lalu.. 

Suatu saat hatimu berkata "aku merindukannya", namun di waktu yang sama logikamu akan menjawab "mana mungkin dia merindukanku, dia sudah lupa padaku"..

Suatu saat hatimu berkata "aku mencintainya, sangat mencintainya", namun logikamu akan berbalik bertanya "sungguh kau mencintainya? bukankah dia sudah menyakitimu sesakit-sakitnya?"..

Hatimu mungkin merasakan kenyamanan kala di dekatnya, namun logikamu terus saja mengulang pertanyaan "apa benar nyaman ini hanya untukku? ataukah yang lain juga merasakannya?"..

Hatimu menangis kala dia telah bersama yang lain, hatimu masih mengharapkannya. Logikamu berusaha menyadarkan bahwa kau memang tidak pernah ada di hatinya, mungkin..

Betapa sesaknya hatimu kala dia berbalik menusukmu dari belakang, padahal sinyal logikamu sudah menduga dia akan melakukannya, sayang hatimu terlalu rapuh untuk kehilangan..

Betapa sedihnya hati kala kehilangan, padahal logika telah mencoba menyadarkannya sejak dulu kala pertanyaan "apa ini semua benar?" selalu menggaung di telinga..

Hati itu lemah untuk merasakan jatuh cinta, karena apa yang diteriakkan oleh sang logika hanyalah angin lalu bagi si hati..

Betapa sabarnya si hati kala dia selalu dipermainkan namun tidak ingin meninggalkan, padahal logika telah beraksi berteriak untuk melepaskannya..

Hati itu payah, sepayah kala kau tidak menyukai kehilangan dan melepaskan..

Logika itu kuat, kala hati payah logika mengambil alih, sayang selalu terburu-buru..

Logika selalu membuat putusan keliru, karena tidak pernah mengajak hati untuk berdiskusi apakah hatinya menerima hal itu..

Logika dengan segala keegoisannya selalu mengorbankan hati yang nantinya pasti merasa sakit karena putusan yang terburu-buru..

Logika dan itu beda dengan hati..

15 April 2013

Masa Depan vs Masa Lalu #LegKedua

Masa depan adalah sebagian masa lalu, meski secuil, kenangannya masih tersisa sebagai onggok..

Masa depan adalah tulisan pena masa lalu yang masih basah, masih dapat kau hapus apabila sama seperti tulisan sebelumnya..

Masa depan adalah jejak masa lalu, membelok saat menemukan genangan dan menghindar kala batu menghadang di depan, sehingga tidak basah dan tidak terantuk batu..

Masa depan itu adalah lukisan masa lalu, dengan warna baru, kertas baru, dan pelukis yang baru..

Masa depan itu adalah roda masa lalu, suatu saat terjerembab di tanah namun ada kalanya menikmati hembusan angin kala di atas..

Masa depan adalah masa lalu yang tersembunyi di balik lebatnya hutan ketidakpastian di depan mata..

3 April 2013

Secangkir Cokelat #5

Ada kalanya dimana secangkir kopi itu terlalu pahit, saat kita menyeruputnya dengan penuh kenangan masa lalu di benak dan itu bukan kenangan yang pantas untuk dikenang..

Di satu titik kau melaju dengan tatapan mantap ke depan horizon pandanganmu, namun di satu titik kau telah lupa bahwa ada kenangan yang membawamu untuk menatap itu..

Nanar menjadi lebih perih kala tahu kenangan hanyalah sesuatu pemanis kehidupan di masa mendatang, itupun saat kenangan baik yang muncul..

Mataku mendadak rabun jauh, kala muncul sekelabat kenangan masa lalu yang mampir di ekor mataku..

Aku dan kenangan, adalah paradoks, skenario semesta untuk menunjukkan ada masa depan menanti, dan mungkin itu lebih indah, tampaknya..

29 Maret 2013

Memori di Ujung Senja

Hai..
Apa kabarmu di sana ? Sempatkah kau menilik senja di ujung barat kota itu ? Sendiri sajakah kau menikmatinya ? Atau dengan pelabuhan hatimu yang kini ?
Aku di sini masih menikmati senja, sendiri atau dengan yang lain, tak jadi masalah..

Hmm, tergeragap benak ini seketika kala ada rindu menyerang dengan hebatnya. Entah mengapa seperti itu bisa kembali terjadi. Deja vu. Aku tidak menikmatinya, kala aku tahu jikalau perasaan itu hanya akan merusak apa yang telah terbangun di antara kita. Tembok dan dinding tebal yang membatasi segala rasa yang ada, di masa lalu tentunya. Kamu dan penggalan kenangan itu menyesakki rongga dada dengan jantung yang berdegup tak seirama kala rindu menjajah hati. Aku tidak menyukainya..

Sangat ingin kembali ku bersua denganmu. Seseorang yang pernah memberikan hatinya untukku dan aku memberikan segenap paruhan hatiku untuknya. Penuh rasa dan penuh perhatian. Tapi itu salah, itu tidak benar. Hanya akan menyakiti, membuka borok lama, menghancurkan yang kini ada. Otakku berusaha menepisnya meskipun perasaan menghendaki sebaliknya. Begitu biru rasanya. Random bisa pula dikatakan..

16 Maret 2013

Masa Depan vs Masa Lalu #LegPertama

Masa lalu itu bagian dari masa depan, sedangkan masa depan suatu saat akan menjadi kepingan masa lalu. Dan selalu berhubungan..

Masa lalu itu adalah masa depan yang hadir lebih dulu, sedangkan masa depan adalah masa lalu yang belum tampak jelas di depan mata kita..

Masa lalu tidak lebih dari kepingan teka-teki untuk masa depan, sedangkan masa depan tak ayalnya adalah kepingan teka-teki yang belum menjadi masa lalu..

Masa lalu adalah masa depan yang tertulis lebih dulu, sedangkan masa depan adalah masa lalu yang akan ditulis untuk menjadi masa lalu..

Masa lalu layaknya ombak yang mencapai pantai dan kehilangan deburannya, sedangkan masa depan adalah ombak yang memiliki deburan kuat sebagai hasil hilangnya masa lalu..

15 Maret 2013

Pilih Mana ?

Pilih mana, mengambil mata kuliah dengan nilai mudah dengan 'simpel'nya mata kuliah itu atau mengambil mata kuliah dengan nilai penuh perjuangan dan 'penuh'nya mata kuliah itu? jawabannya, tergantung IPK pasti (kalo udah bagus ya ambil, tapi kalo IPK masih minim ya ga ambil)

Pilih mana, kuliah saja dan sibuk kerjain tugas atau kuliah dan kerjain tugas sambil 'mainan' organisasi? jawabannya, tergantung orientasi kayanya (kalo study-oriented ya pilihan satu, tapi kalo experience-oriented mungkin pilih nomor dua)

Pilih mana, kuliah di jam pagi atau kuliah di jam sore? jawabannya, tergantung dosen dan materi kuliah kayanya (kalo dosennya ngantukin enakan ambil sore biar bisa tidur siang dulu kalo materinya banyak ya ambil sore juga biar bisa baca materi dulu walau kadang cuma sepik aja :p)

Pilih mana, ikutan UKM cuma buat penuhin kewajiban ikutan UKM aja atau ikutan UKM sesuai pilihan hati dan ga pikirin penuhin 100 poin buat pendadaran? jawabannya, tergantung seberapa minat yang mau ikutan UKM (kalo ga minat ya ikutan seminar aja yang banyak biar lulus tanpa punya pengalama ber-UKM)

Pilih mana, berjuang untuk mendirikan sesuatu meski banyak yang menentang atau malah menjatuhkan semangat orang yang mau membangun itu? jawabannya, tergantung isi kepala dan 'idealisme' si pengambil keputusan

Pilih mana, bersimbah peluh untuk jadi praktikan atau bersimbah peluh dan tenggorokan kering serta kaki pegel untuk jadi asisten? jawabannya, tergantung orientasi tingkat kesibukan

1 Maret 2013

Mencoba Untuk Memulai : StandUpFabio (part 1)

Sebagian besar tulisan di postingan ini adalah materi yang saya dapatkan dari blog salah seorang comic terkenal di Indonesia yang juga dianggap sebagai perintis dari berkembang pesatnya komunitas serta kultur Stand Up Comedy di Indonesia. Ya, dia adalah Pandji Pragiwaksono (cek tulisan lengkapnya di link ini). Postingan ini saya ambil dari postingan blog Pandji terkait Stand Up Comedy (yang berjudul Susah, tapi pasti bisa, ada 20 part)..

Menurut penelusuran di situs wikipedia, Stand Up Comedy merupakan salah setau gaya komedi yang menampilkan seorang komedian berada di depan para penonton dan langsung ditujukan untuk penonton tersebut, sang komedian kemudian disebut sebagai comic (comedian mic, kalo ga salah sotoy kepanjangannya, hehe). Jadi, sang comic akan mengeluarkan lawakan (jokes) yang biasa disebut 'bit' atau 'one-liner', sehingga lebih mirip seperi monolog dengan jokes yang mengundang tawa penontonnya..

Saya yakin banyak dari kalian yang mengenal para comic dari stasiun televisi atau video mereka yang rame digunjingkan khalayak. Sebut saja Ryan Andriandhy, Abdel, Mongol, Acho, Sammy (notaslimboy), Soleh Solihun, Pandji, Raditya Dika, dan masih banyak lagi. Mereka semua adalah contoh comic yang memberi angin segar untuk dunia entertainment di Indonesia. Mereka selalu punya ciri khas masing-masing yang pasti ditunggu-tunggu kalau mereka mulai untuk stand up. Contoh, Pandji dengan kampanye legalisasi ganja anti rokok atau esbeye yang suka banget bikin album, Acho dengan bit Priuk-nya yang khas, Dika dengan "pura-pura mati" atau yang lainnya. Mereka selalu punya bit yang bisa bikin para penonton ngakak..

Bicara tentang stand up pasti nanti ada hubungannya juga dengan open mic. Open mic adalah ajang bagi siapapun yang ingin belajar untuk menjadi comic, ataupun bagi comic yang sudah ahli sekalipun untuk mencoba bit baru mereka. Lebih seperti laboratorium percobaan (kata Pandji). Di open mic semua orang bebas untuk mengutarakan bit yang mereka miliki untuk memancing tawaan dari penonton. Stand up tidak semudah yang dibayangkan, ada alur yang mesti dibuat sehingga di akhir akan ditutup dengan tawaan yang crowded dari para penonton. Stand up comedy tidak sekedar jokes yang sepele atau enteng seperti pembicaraan konyol yang sehari-hari kita lakukan. It's absolutely different. Makanya, sebelum bisa mahir untuk jadi comic handal harus diawali dengan latihan lewat open mic.

Nah, ada keinginan nih untuk membentuk suatu komunitas yang mungkin tertarik untuk stand up, atau punya banyak jokes tentang segala hal, atau mau menyalurkan bakat dalam hal ngelawak di lingkungan kampus saya, Fakultas Biologi, makanya judulnya ada tambahan StandUpFabio. Semua orang punya kapasitas untuk menjadi comic, tinggal bagaimana membangun sebuah image comic yang baik dan memang seperti comic yang sudah handal.

Semua diawali dari open mic.. 

If you want to join and be a pioneer, it's time. Your school time will be waste if you don't have a little time to make a joke. So, let's joke together and laughing together.. hahaha.. 

See you soon :)

22 Februari 2013

Rayuan Khas Mikro #2

Bakteri gram positif itu warnanya ungu dari reagen Crystal Violet, tapi hati aku cuma bisa terwarnai oleh reagen cinta dari kamu..

Reagen gram C di pewarnaan gram itu etanol 96%, tapi kalo reagen gram C di hatiku ya cuma Cinta kamu..

Ternyata senyuman kamu seperti daya oligodinamik logam Pb, dalam konsentrasi rendah sudah mampu menghambat hatiku untuk mencari senyuman yang lain..

Senyumanmu memaksa hatiku untuk membentuk agregat supaya dia tidak mudah hancur dan tidak akan rusak meskipun ada senyuman lain yang hadir..

Aku selalu suka membuat medium Nutrient Agar, mudah dan praktis, semudah senyumanmu menundukkan hatiku dari yang lain..

Ternyata senyumanmu memiliki kemampuan dekomposisi ya ? Iya, mendekomposisi supaya hatiku hanya luruh oleh senyumanmu..

Andai saja ada dan bisa, aku akan membuat inkubator senyuman, agar senyumanmu akan tetap tumbuh meskipun dalam waktu lama aku menyimpannya di dalam hatiku..

Andai saja ada medium selektif untuk menumbuhkan senyumanmu, akan ku buat tiap hari dan menginkubasinya dalam inkubator hatiku..

Staphlococcus aureus itu unik, hanya tumbuh pada kadar garam tinggi, sama seperti aku yang hanya menyukai senyumanmu bukan yang lain..

Memandangi senyumanmu, bagiku, ibarat rak tabung yang menegakkan tabung reaksi, kokoh dan saling mengisi..

Senyuman kamu itu ibarat reagen Hidrogen peroksida dalam uji endoenzim, hanya berlaku di dalam hatiku saja dan mampu memecah sepi dan sunyi di hatiku menjadi kesukaan..

Ternyata hatiku sudah membentuk plaque, karena senyumanmu telah menginfeksi hatiku dan membentuk zona bening di sekitarnya..

Senyuman itu ternyata memiliki sifat polimorfisme seperti Azospirillum, kadang berbentuk lengkungan indah, kadang berbentuk lingkungan imut, kadang lengkungan sedih, namun kebanyakan lengkungan dengan cinta di ujungnya..

Aku baru sadar ternyata jarum ose dapat memindahkan senyuman ke dalam hati, karena saat aku mengambilnya ada sodoran manis senyumanmmu mengiringi..

Tidak perlu inkubasi 2x24 jam pada suhu ruang untuk menumbuhkan senyumanmu di hatiku, karena dia selalu tumbuh setiap saat aku memandangimu..



#Remember, don't try this at laboratory.,. too dangerous and will make someone getting melted :p

19 Februari 2013

KAMPUNG SANAK part 1

Jangan tertipu dengan judul postingan ini. Kampung Sanak bukanlah nama suatu kampung yang ada di Pulau Jawa, bukan juga daerah terpencil yang belum mendapatkan listrik dari PLN. Kampung Sanak adalah salah satu project paper hasil pemikiran kami (saya dan tiga orang lain) yang memiliki tujuan untuk menjadi salah satu wadah bagi mahasiswa yang punya rasa keingintahuan serta ingin turut serta dalam memperbaiki ekosistem mangrove di Segara Anakan. Awalnya, ide project paper ini adalah untuk mengikuti suatu kompetisi mengenai peran pemuda terhadap lingkungan. Setelah dinyatakan abstrak kami lolos kami kemudian  berhak mengikuti tahapan presentasi di Yogyakarta. Sepulang dari sana, ada keinginan agar hasil project paper ini dapat diwujudkan dalam suatu wadah yang riil dan bukan sekedar tulisan dalam satu paper saja. Akhirnya, kami berempat berusaha untuk merumuskan pembentukan wadah ini.

KAMPUNG SANAK merupakan kependekan dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Peduli Mangrove Segara Anakan. Tujuan utama kami adalah memperbaiki keadaan ekosistem mangrove di daerah Segara Anakan yang kondisinya (berdasarkan beberapa referensi serta kuliah ekologi mangrove semester kemarin) mengalami laju penurunan luas hutan yang sangat signifikan. Dengan tingginya laju penurunan tersebut disertai dengan eksploitasi yang tidak terkendali sehingga semakin memperparah keadaan di sana. Untuk itu, kami memiliki sebuah keinginan agar mahasiswa terutama yang peduli, concern, dan menyukai tentang ekosistem mangrove dapat terjun langsung untuk membantu memperbaiki keadaan ekosistem mangrove yang telah mengalami kerusakan.

Seperti yang kita ketahui, ekosistem mangrove merupakan salah satu ekosistem yang sangat unik dan merupakan daerah yang sangat kaya karena merupakan daerah yang terletak di daerah peralihan arus air tawar dan asin, wajar jikalau angka produksivitas primernya adalah yang tertinggi bahkan di atas ekosistem hutan hujan tropis. Dengan kayanya nutrien yang ada di sana semakin beragam pula organisme yang tumbuh, berkembang biak, dan besar di ekosistem tersebut. Mulai dari kerang, udang, ikan, beberapa spesies burung, dan yang jelas vegetasi khas mangrove yang tidak ditemukan di ekosistem daratan banyak terdapat di sana. Fungsinya feeding ground dan nursery ground membuat ekosistem mangrove memiliki peranan penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem laut ataupun daerah pesisir. Pengetahuan inilah yang seharusnya menjadi dasar bagi pihak yang ingin mengambil keuntungan dari ekosistem mangrove agar tidak melakukan eksploitasi secara berlebihan.

Melalui wadah KAMPUNG SANAK ini diharapkan menjadi satu wadah (untuk sementara di FABIO UNSOED) bagi mahasiswa untuk ikut memiliki peran sebagai "penghijau alam" khususnya di ekosistem mangrove. Nah, agar lebih efektif dan efisien, selain fokus pada aktivitas penanaman kembali bagian hutan mangrove yang rusak, kegiatan lain yang diharapkan adalah melakukan mini riset, penelitian kecil mengenai keadaan ekosistem mangrove di sana. Melalui mini riset ini,. diharapkan dapat menjadi referensi mengenai keadaan alam di ekosistem tersebut.

Sebagai langkah awalnya, mungkin akan ada pembicaraan dan sosialisasi terkait KAMPUNG SANAK ini. Besar sekali harapan kami ada teman-teman yang juga peduli terhadap keadaan mangrove saat ini. Tidak harus atau sudah mengambil mata kuliah ekologimangrove, semua orang yang punya kepedulian terhadap ekosistem mangrove, punya kesempatan untuk bergabung. 

Tunggu saja realisasinya.. KAMPUNG SANAK, Save Our Mangrove :)


ttd

Sodik Wuryanto, Maharani Nursyamsu, Yeti Yulianti, dan Anita Rachman S.

17 Februari 2013

Lagi, Nikmati Saja Selagi Bisa

Selagi bisa, kalo emang mau, ya nikmati saja prosesnya.. Jangan buru-buru untuk mendahuluinya kalo emang belum siap dan emang belum mau meninggalkannya..

Saya masih di kota rantau tempat saya menimba ilmu, masih menghabiskan waktu liburan saya yang seharusnya saya habiskan di rumah bersama orang tua, adik saya, dan teman saya. Tapi saya memilih untuk tetap di sini, ada hal yang harus dikerjakan dan saya memilih untuk mengurangi porsi libur saya untuk sementara waktu. Bukan untuk hal yang sia-sia, karena memang ada yang belum selesai tanggung jawabnya untuk saya kerjakan..

Diselingi dengan kegiatan yang ada saya mencoba untuk mengikuti seminar hasil dari kaka kelas dan bahkan teman seangkatan yang telah melewati tahapan penelitian. Betapa bahagianya mereka melewati salah satu tahapan kritis dalam perjalanan ke-mahasiswa-an mereka. Saya sendiri juga bisa merasakannya melalui pancaran air wajah mereka yang sangat ringan dan penuh dengan semangat untuk mengakhiri..

Selang beberapa waktu lalu saya sudah kembali ke rumah di kota tempat saya dibesarkan. Tidak ada perubahan signifikan ternyata meskipun sudah ada pergantian kepala daerah dan sudah hampir 6 bulan tidak saya tengok. Semua masih sama saja hanya sedikit hiasan di sana-sini karena efek adanya pilkada gubernur Jawa Barat. Kembali ke rumah adalah salah satu hal langka yang akan didapatkan di pertengahan semester seperti sebelumnya..

Ada perenungan yang sangat besar saat saya pulang. Realita yang ada menunjukkan bahwa banyak kawan seangkatan saya saat SMA dulu yang telah mencapai gelar sarjana-nya membuat saya berpikir apakah pilihan saya untuk belum memulai tugas akhir adalah pilihan yang tepat ? Ya, di saat kawan seangkatan saya sudah melaju meninggalkan bangku kuliahnya saya justru ada di posisi untuk melawan arus untuk tidak lulus tepat waktu. Salahkah saya ?

"Lulus di waktu yang tepat bukan sekedar lulus tepat waktu..."

15 Februari 2013

Pulang

Pulang.. 
Ah, betapa sangat merindunya kita melakukan hal ini saat kita sedang jauh dari peraduan kita...

Pulang..
Betapa kata tersebut begitu magis saat kita sedang merasa kesepian dan merasa sedang sangat jatuh..

Pulang..
Begitu nikmatnya membayangkan bagaimana suasana rumah yang begitu cerah menyapa kita di kala pagi, begitu teduh kala siang menerpa, memberikan ketenangan kala senja menjelang, dan menambahkan kehangatan kala malam hadir..

Pulang..
Sebuah kata yang sederhana namun terkadang sulit untuk mewujudkannya.

Pulang..
Menantikannya selalu membutuhkan waktu, namun saat di dalamnya tak terasa waktu habis bersamanya..

14 Februari 2013

Secangkir Cokelat #4

Patah hati itu rasanya baru nampak setelah kau tidak nampak di hadapanku namun saat kau kembali muncul menanyakan kabar hatiku..

Menunggu-mu melupakannya hanya membuatku patah hati, patah hati saat aku tahu dia beruntung memiliki dirimu..

Patah hati itu ibarat buah jeruk, sebersih apapun kau mencoba membersihkan serabutnya, namun pasti ada serabut yang tertinggal, seperti senyumanmu yang sulit hilang dari benakku..

Patah hati itu seperti disengat lebah, sakitnya di awal dan tak berbekas, namun selang jeda waktu sakitnya hilang dia memunculkan bengkak yang besar dan rasa sakitnya datang setiap saat..

Epik Mahasiswa Awal Semester

Ini ada beberapa kebiasaan, kelakuan, ataupun apapun itu yang mungkin kebanyakan mahasiswa lakukan setiap masuk di awal semester. Entah disadari ini berlangsung terus menerus dan saya juga pernah mengalaminya.. hahahah.


1. Galau KRS-an
Ini pasti dialamin mahasiswa sejagat di Indonesia gak terkecuali di kampus saya. Galau mau ambil mata kuliah apa, galau kapan bisa isi KRS, galau mau konsul sama PA (Pembimbing Akademik) dulu atau gak, galau ada temennya gak kalo mau ambil mata kuliah tertentu. Galau segalau-galaunya orang patah hati yang baru liat mantannya jadian dah (oke, gw lebay!). Sebenernya sih ga usah galau, toh kan bisa konsul sama kaka kelas yang udah ambil dan kalo bisa jangan cuma dari satu orang aja, cari info sebanyak mungkin, jangan cuma dari satu orang. Lebih baik konsul sama kaka kelas daripada sama dosen PA, menurut saya gitu, karena banyak dosen PA yang gak tau seluk beluk matkul lain selain yang dia ajarkan. Jadi, sebelum galau isi KRS, cari info dulu mata kuliah yang mau diambil ap aja..

2. Masih Kepengen Liburan
Nah, ini manusiawi (menurut gw). Banyak yang ngerasa liburannya kurang lama atau masih kurang waktu kumpul sama temen di rumah (terutama buat mahasiswa rantau), dan masih

8 Februari 2013

Menulislah !

Saya pernah punya satu essay yang pernah saya tulis untuk mengikuti suatu lomba essay. Tulisan ini saya tulis dalam tempo waktu 30 menit dan hanya satu hari dari batas pengumpulan essay. Dan hasilnya di luar dugaan.. Temanya ada kaitannya dengan universitas saya yang memiliki visi untuk menjadi world class civic university.. Sedikit tentang tulisan saya waktu itu tanpa adanya pernambahan dan pengurangan sedikitpun. This is it, enjoy.. :)



"Jangan Hanya World Class University, Tapi Juga World Class Student University"
Oleh :
Sodik Wuryanto (B1J009034)
Perkembangan institusi pendidikan saat ini sangatlah pesat. Peningkatan kualitas institusi pendidikan penting untuk dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat luas bahwa pendidikan tinggi itu penting. Salah satu cari untuk menarik animo masyarakat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi tersebut atau untuk meningkatkan kualitas dan mutu perguruan tinggi adalah dengan mencanangkan program World Class University. Program ini memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk mendapatkan kualitas dan mutu pendidikan setara dengan kualitas perkuliahan di luar negeri. Fasilitas yang hampir serupa dengan universitas yang ada di luar negeri serta kurikulum pembelajaran yang disesuaikan mirip dengan kurikulum di luar negeri serta kesempatan untuk meraih double degree hasil kerja sama dengan universitas di luar negeri menjadi salah satu keuntungan dari program ini. Saat ini sedikit demi sedikit Universitas Jenderal Soedirman mulai meretas jalan menuju World Class University.
 Sebagai salah satu universitas negeri yang ada di Indonesia, Unsoed memiliki kewajiban untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya sehingga dapat menigkatkan taraf hidup dari masyarakat sekitar. Meskipun berbasis ke pedesaan, Unsoed dituntut memiliki lulusan dengan daya saing yang baik. Jaminan peningkatan tersebut dapat melalui pencanangan program World Class University. Era globalisasi yang semakin luas menjadi salah satu faktor mengapa program ini harus segera direalisasikan. Lulusan dengan daya saing di tingkat global akan meningkatkan prestise serta citra baik perguruan tinggi lulusan yang bersangkutan. Namun, harus dipahami pula bahwa program ini tidaklah mudah untuk segera direalisasikan. Akan sangat percuma apabila universitasnya mendapat label World Class namun kualitas dari mahasiswanya hanya Rural Class.
Peningkatan kualitas pada suatu intitiusi juga haru disertai dengan kualitas dari mahasiswa institusi tersebut. Seperti yang telah dijelaskan di atas, untuk mencapai taraf World Class adalah tidak mudah. Banyak aspek yang harus dipenuhi dan disiapkan untuk menuju ke sana. Dari segi sarana dan prasarana harus dipikirkan seperti apa implementasi dari World Class itu. Tenaga kependidikan juga hal yang harus disiapkan untuk menuju ke arah sana. Mahasiswa juga adalah salah satu komponen yang berperan untuk mencapai ke arah sana. Mahasiswa memegang peranan penting, karena nantinya yang menilai adalah masyarakat apakah lulusan dari World Class University pantas disebut sebagai lulusan bertaraf World Class.
Optimalisasi peranan mahasiswa untuk mencapai institusi yang World Class akan memegang peranan yang penting pada kualitas World Class University yang telah dicanangkan. Mahasiswa harus memiliki kompetensi yang baik serta kemampuan daya saing yang tinggi dengan lulusan universitas lain. Namun, sebelum itu didapatkan, sistem pembelajaran serta mindset mahasiswa harus dapat diubah.
Sistem pembelajaran saat ini seakan-akan membuat mahasiswa terbuai. Sistem pembelajaran saat ini terlalu kuno karena hanya mengandalkan penjelasan dari dosen sedangkan mahasiswa hanya duduk diam mendengar penjelasan dari sang dosen. Jarang sekali terjadi diskusi dua arah antara dosen dengan para mahasiswa. Memang untuk beberapa dosen yang memiliki kemampuan komunikasi yang  baik dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswanya melalui penjelasan yang diberikannya. Namun, masih banyak pula dosen yang mungkin kurang memiliki kemampuan komunikasi yang baik sehingga mahasiswa lebih sering mengalami jenuh, bosan, ataupun ngantuk. Ini lumrah karena mahasiswa terutama mahasiswa tingkat awal bisa saja kuliah mulai dari pagi hari hingga sore hari. Ini juga menjadi salah satu faktor yang harus dievaluasi dalam pencapaian target World Class University.
Selain dari sisi tenaga kepengajaran, sisi mahasiswa juga sangat penting untuk mendukung program World Class University. Harapan agar mahasiswa lulusan World Class University adalah World Class Student University sangat tinggi. Kompetensi mahasiswa saat ini masih jauh dibandingkan dengan yang diharapkan. Mindset dari mahasiswa yang terkadang menjadi tembok untuk menghalangi peningkatan kompetensi mahasiswa.
Mahasiswa World Class adalah mahasiswa yang memiliki pemikiran jauh ke depan mengenai bidang yang dikuasainya,  kemampuan manajerial yang baik, seorang organisatoris yang baik dan mengetahui perkembangan zaman serta memiliki kompetensi yang sama dengan lulusan luar negeri. Mahasiswa jelas harus memiliki kompetensi di bidang yang dikuasainya agar dapat menjadi panutan serta mampu untuk mengatasi permasalahan yang muncul pada bidang tersebut. Kemampuan manajerial juga sangat penting untuk dapat mengatur segala bentuk aktivitas ataupun kegiatan yang akan ditangani olehnya. Organisatoris yang baik akan dapat membentuk mahasiswa memiliki jiwa kepemimpinan serta kemampuan bersosialisasi dengan baik pada masyarakat sekitar. Tidak harus memiliki kompetensi yang sama dengan lulusan luar negeri, namun paling tidak dapat mendekati dan memiliki pola pemikiran yang serupa dengan lulusan luar negeri tersebut.
Mindset mahasiswa saat ini cenderung kurang baik. Mahasiswa yang hanya fokus pada bidang akademis membuatnya tidak memiliki pemikiran untuk berorganisasi. Sebaliknya, seorang mahasiswa yang orientasinya lebih kepada keorganisasian memiliki nilai-nilai akademis yang menyedihkan. Memang beberapa mahasiswa tidak seperti ini namun pada kenyataannya seperti itulah gambaran umum dari mahasiswa. Mindset hanya study-oriented atau organization-oriented harus diubah. Tidak mudah memang namun perlahan harus dilakukan untuk menuju kualitas mahasiswa World Class.
Mahasiswa juga harus berperan aktif untuk meningkatkan kualitas almamaternya. Mahasiswa dituntut untuk aktif dalam segala kegiatan yang diadakan oleh pihak kampus selama itu masih dalam koridor pengembangan diri baik di bidang akademis maupun organisasi. Hal ini akan sangat membantu pihak kampus maupun mahasiswa karena kampus akan memiliki mahasiswa dengan kompetensi yang baik dan mahasiswa memiliki bekal yang cukup untuk terjun ke masyarakat nanti. Saat ini animo mahasiswa agak kurang untuk kegiatan-kegiatan yang sebenarnya baik untuknya. Ini disebabkan mahasiswa kurang memiliki pemikiran jauh ke depan betapa pentingnya kegiatan tersebut suatu saat nanti.
Beberapa faktor yang harus terpenuhi untuk menjadi World Class Student University antara lain, memiliki kompetensi sesuai bidangnya, kemampuan yang baik dari segala macam segi kehidupan, berpikir jauh ke depan untuk memajukan kualitas dan taraf hidup masyarakat sekitar serta memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan para mahasiswa lulusan luar negeri. Semua komponen kependidikan harus saling menyokong untuk terciptanya kualitas lulusan yang baik tersebut. Mulai dari tenaga kependidikan, fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar serta peran aktif dari mahasiswa untuk mengembangkan semua hal yang didapatkannya selama di perguruan tinggi untuk menjadi suatu yang bermanfaat bagi masyarakat luas.
Suatu institusi yang World Class adalah institusi yang didalamnya diisi dengan orang-orang yang World Class. Selama itu belum tercapai maka absurd-lah anggapan World Class University. Lebih baik menjadi universitas biasa saja namun kualitas lulusannya baik dan berkompeten ketimbang menjadi World Class University namun kualitas lulusan jauh dari harapan yang diinginkan.  Jangan hanya mementingkan identitas World Class untuk University-nya saja tapi juga Student University-nya juga harus dipikirkan untuk menuju World Class Student University.                                                                                          

6 Februari 2013

Saya Beruntung

Awal masuk di kampus ini, saya merasa skeptis. Ya, skeptis. Saya ragu apakah saya punya kemampuan untuk tetap bertahan di sini, ragu apakah saya mampu jauh dari orang tua saya, ragu apakah di sini saya hanya punya sedikit teman, dan ragu apakah saya bisa lulus tepat waktu dan dengan nilai yang memuaskan.. Semua saya rasakan itu di awal saya menginjakkan kaki di kampus biru ini..

Saya tercatat sebagai satu-satunya siswa yang berasal dari SMA saya yang masuk di jurusan ini. Kebayang dong rasanya kuliah di tempat yang baru, orang yang baru, jauh dari teman-teman yang selama ini akrab selama 3 tahun sekolah di SMA dan yang jelas jauh dari orang tua, sesuatu yang tidak pernah saya rasakan selama hidup saya setidaknya hingga saya berumur 18 tahun (waktu itu..) Tidak punya teman, tidak punya kenalan, dan tidak punya sanak saudara, awalnya saya linglung dan sempat berpikir untuk tidak melanjutkan perjalanan menimba ilmu di kota ini. Dan benar saja saat saya datang ke kota ini untuk kedua kalinya dalam rangka soft skill dan training ESQ, saya memutuskan untuk tidak meninggalkan sedikitpun barang saya di kosan baru saya, dan berharap saya lolos SNMPTN (waktu itu saya punya kesempatan untuk ikut SNMPTN karena registrasi ulang kuliah di sini selang satu hari setelah ujian SNMPTN). Namun, ternyata pengalaman menimba ilmu saya ditkdirkan untuk kota ini, universitas ini, dan kampus ini. Saya menyesal, awalnya...

Penyesalan semakin bertambah kala ospek saya mengetahui bahwa di jurusan saya tidak ada BEM (what a fool ! )

4 Februari 2013

Rayuan Khas Mikro #1

Tahukah kalian fungsi dari tabung durham? Sekarang bukan lagi untuk menjebak sisa gas hasil metabolisme, tapi juga untuk menjebak gas cintaku padamu...

Cawan petri punya fungsi untuk mengkultivasi mikroba, tapi cawan petriku khusus hanya untuk mengkultivasi cintaku padamu..

Kamu dan aku itu seperti pipet ukur dan filler, selalu berpasangan untuk memindahkan suspensi cinta di hati kita..

Kalo beaker glass cuma bisa buat nampung akuades, beaker glass hatiku sanggup menampung cintaku untukmu...

Peptone punya fungsi sebagai penyedia sumber karbon dalam media pertumbuhan. Tahukah kamu, kalo senyuman kamu itu memiliki fungsi sebagai penyedia rasa cinta dalam hatiku..

SSA adalah medium selektif untuk Salmonela dan Shigella, MSA adalah medium selektif untuk Staphylococcus aureus, dan medium hatiku selektif hanya untuk cintamu padaku..

Senyumanmu itu ternyata telah memberikan goresan kuadran dan zig-zag di hatiku..

Andai boleh aku lakukan, pasti sudah aku lakukan transfer biakan secara aseptis dari senyumanmu ke hatiku..

Cara paling mudah agar kau selalu di hatiku adalah dengan mengisolasinya dalam cawan hatiku tanpa perlu pengenceran bertingkat..

Menghitung cintaku padamu itu tidak dapat menggunakan teknik TPC karena cintaku padamu Terlalu Banyak Untuk Dihitung (TBUD/TNTC)..

Kalo fiksasi fungsinya melekatkan bakteri pada gelas obyek, senyumanmu ternyata dapat melekatkan cintaku padamu seorang..



*hanya iseng, semoga menghibur.. Don't try this at lab ! hahahaha LOL

3 Februari 2013

Semesta & Frasa

Semesta selalu punya cara untuk mengingatkan para penghuninya mengenai hakikat hidup, mengenai kenangan, mengenai segala kemungkinan yang akan dihadapi, mengenai apa yang seharusnya dipilih, dan apa saja. Caranya tidak akan sama untuk setiap orang dan memang pasti berbeda walau tidak sedikit pula yang sama.

Setiap orang pasti menyukai hal-hal yang baik namun tidak selamanya kita dapat merasakannya, ada kalanya kita harus jatuh dan merasakan hal paling pahit dalam hidup. Frasa paling indah adalah saat kau mendapatkan hal yang tidak terduga dan semesta ikut senang dengan hal itu, atau semesta selalu punya cara untuk membahagiakan kita, hati kita lebih tepatnya...
 
Tanpa harus kita sadari, sebenarnya semua yang kita lakukan, semua yang kita kerjakan di suatu waktu ada andil dari sang semesta. Jikalau dirunut, pasti kita akan bertemu di satu titik di mana kita merasa bersyukur di suatu waktu atau menderita di suatu waktu. Contohnya, saya pernah mengalami bangun kesiangan (dan sering juga sih, hehe), hari itu adalah mata kuliah yang kurang saya sukai. Karena bangun kesiangan otomatis saya berangkat telat menuju kampus. Alhasil, saya gagal kuliah karena tidak boleh masuk.

2 Februari 2013

Mimpi...

Bermimpilah maka Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu..
Mimpi adalah kunci untuk menaklukkan dunia..


Bermimpi.. ah.. betapa indahnya mimpi itu.. 

Mimpi itu bukan bunga tidur. Mimpi itu adalah sebuah angan-angan yang ingin kita capai di masa mendatang. Mimpi itu adalah hal yang kita idamkan untuk dicapai. Mimpi selalu berisi harapan. Mimpi selalu berisi cita-cita. Mimpi selalu berisi angan-angan. Angan-angan paling gila sekalipun dapat kita impikan. Mimpi itu penuh harapan, bahkan harapan yang berada di level paling tinggi apapun. Mimpi itu imajinatif, inovatif, implisit, bahkan kadang ekstrim. Itulah kelebihan mimpi dan tidak ada yang melarang untuk bermimpi..

Mimpi itu menemukan...

1 Februari 2013

Secangkir Cokelat #3

Sebelum aku terlelap dalam pekat malam, aku berharap ada senyumanmu yang  mengakhiri hariku. Dan kala fajar memanggil, aku berharap kau-lah yang memberi sapaan pertama yang paling hangat..

Titik dua kurung tutup darimu dalam pesan singkatku berkata, "aku rindu padamu", entah benar atau tidak, aku menikmatinya..

Menatap senja di kejauhan adalah hal paling menyenangkan selain memandangi senyuman indahmu..

Antara langit dan bumi yang memerah kala senja, sekilas senyumanmu mengawang di benakku, penuh dan melekat di kepalaku..

Ibarat kopi, senyumanmu telah mengisi gelasku dengan penuh sepenuh-penuhnya dan aromanya harum..

30 Januari 2013

Beberapa yang Absurd

Tulisan ini sedikit banyak dipengaruhi oleh keadaan sekitar dan beberapa tokoh favorit saya..
 
Ada banyak hal wajar di dunia ini dan tidak sedikit pula hal absurd yang ada di dunia ini. Gak ada masalah dengan hal yang wajar dan dilakukan oleh orang yang wajar. Hal yang absurd kadang bahkan sering sekali mengganggu "ketentraman" orang lain..

Hal absurd disini meliputi banyak hal dan itu mungkin mengganggu "ketentraman" beberapa orang. Mengapa? Karena diumbar melalui jejaring sosial ataupun tempat yang sangat publik. Ada beberapa yang pernah, sedang, dan semoga tidak akan saya temui lagi di lain waktu, (hahaaa..) yang akan coba saya beberkan di sini.

Pernah suatu waktu ada kabar terkait remidi atau ujian perbaikan untuk satu mata kuliah. Geger banget waktu itu, kejadiannya semester satu dan itu mata kuliah melibatkan dosen di luar kampus saya. Ternyata ada tugas yang ditujukan pada semua mahasiswa pengambil mata kuliah untuk mengerjakan tugas. Nah, berhubung teman-teman udah pada balik dan kebetulan saya masih stay di kota rantau, saya coba telusuri kabar itu. Sms sana-sini dan permohonan sana-sini akhirnya setelah yakin memang tugas itu ditujukan kepada kita barulah saya bersiap untuk mengerjakan tugas itu dan tugas "titipan" dari teman saya yang udah pada balik (setia kawan gitu lah ceritanya).

29 Januari 2013

Semua Terkadang Sulit

Sore ini seperti biasa saya terduduk di depan laptop kesayangan saya dan melakukan hal yang sama seperti biasa saya lakukan tiap harinya. Memandangi keluh kesah, kesenangan, ataupun curahan perasaan yang mereka rasakan satu hari ini atau akhir-akhir ini melalui (jejaring sosial tentunya). Tidak ada yang salah sepertinya, itu hak mereka untuk berkata apapun karena itu memang (mungkin) salah satu cara untuk menarik perhatian orang lain ataupun  menghilangkan sedikit beban masalah yang mereka hadapi..

Banyak hal yang dirasakan oleh orang-orang itu, bervariasi dan memang karena semua berjalan berbeda bagi tiap orang. Pernah saya menonton satu film, judulnya Equilibrium (lupa siapa yang main, hehe), intinya film itu berisi sebuah peradaban dimana seseorang dilarang memiliki perasaan, semua berjalan datar, sama, dan terdoktrin oleh propaganda satu orang di sebuah layar besar yang tak henti-hentinya tayang 24 jam penuh. Itu tidak bagus! Suatu saat pemeran utama memiliki perasaan jatuh cinta dengan seorang wanita yang sebenarnya sudah bersuami dan itu tidak terdeteksi oleh alat yang dirancang untuk mengetahui emosi seseorang. Singkat cerita, sang tokoh utama kemudian melakukan pemberontakan dan akhirnya menciptakan peradaban yang lebih memiliki "perasaan"..

Suatu sore saya pernah mendapati bagaimana seseorang begitu mengutuk

28 Januari 2013

Secangkir Cokelat #2

Aroma cokelat ini mengganggu sensori olfaktori-ku. Dia mengubah semua aroma memoriku denganmu jauh lebih indah dan aku menyesalinya..

Kamu ibarat matematika, terlihat simpel di luar namun rumit dalam mengertinya..

Tiap hela oksigen yang memenuhi pulmonari-ku, seperti itulah senyumanmu menyesakki dinding cerebrum-ku, indah namun hanya memori..

Seketika kelopak mataku refleks menutup, ada silir angin disana bersama hangat sentuhan metakarpal-mu menyentuh pipiku, sayang hanya dalam anganku..

Bahkan indeks shannon-wiever-pun tidak mampu menerjemahkan bagaimana keragaman perasaanku saat semua ingatan tentangmu muncul di kepalaku, terlalu indah..

27 Januari 2013

Secuil Tulisan Untuk Kota Ini

Sampai saat ini saya masih belum percaya sepenuhnya bisa kuliah di kota ini. Saya masih membayangkan bisa berkuliah di kota yang lebih mentereng. Depok, Yogyakarta, Bandung, ataupun Semarang. Tapi, keinginan itu pupus semenjak 3,5 tahun yang lalu, karena memang ditakdirkan untuk studi di kota ini, ya sudahlah...

3,5 tahun yang lalu, jadi momen perjuangan tiap siswa SMA se-angkatan saya untuk berjuang mendapatkan PTN favorit dengan jurusan yang diinginkan masing-masing dan saya termasuk di dalamnya. Banyak sekali jalur yang ditawarkan (pada saat itu) untuk masuk PTN favorit. Lewat jalur penelusuran minat dan bakat, lewat jalur ujian tulis, ataupun lewat seleksi nasional, semua punya kesempatan untuk mendapatkan jurusan yang terbaik dan PTN terbaik tentunya. Sejak kelas 1 SMA saya memiliki hasrat besar untuk berkuliah di Depok atau Bandung (you know what I mean), bukan tanpa alasan karena memang di sana ada PTN terbaik dan saya yakin banyak siswa yang punya keinginan untuk menghabiskan masa studi di PTN tersebut. Kondang, familiar, bonafit, dan prospektif, itu yang ada di pikiran saya waktu itu. Beranjak menduduki bangku kelas 3 SMA,

25 Januari 2013

Obrolan Senja #2

Hari ini, hari jum'at, hari dimana semua lelaki muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk menunaikan ibadah shalat jum'at. Ibadah yang menjadi kewajiban bagi para lelaki muslim untuk mengganti ibadah shalat dhuhur. Hari ini, hari jum'at, sehari setelah hari kamis dan sehari sebelum hari sabtu.. Itu tandanya sudah memasuki akhir minggu.. Bagi sebagian orang, akhir minggu menyenangkan, namun bagi saya mungkin tidak akan terlalu menyenangkan, ya biasa saja..

Jum'at, Sabtu, dan Minggu dikenal sebagai akhir minggu. Bagi kebanyakan orang, ada yang khas dari setiap hari tersebut. Setidaknya, menurut saya, ada hal yang dinanti dari tiap hari tersebut. Memang, akhir minggu itu adalah saat paling dinanti oleh kebanyakan orang yang jenuh dengan segala aktivitasnya di hari senin hingga jum'at..

Hari Jum'at dikenal sebagai hari yang  "pendek", begitu kata kebanyakan orang. Mengapa? Karena jam istirahatnya lebih cepat (biasanya jam 11 atau jam setengah 12 siang) dan pulangnya tetap sama. Selain itu, di beberapa instansi

24 Januari 2013

Secangkir Cokelat #1

Aku masih mengingatmu dengan jelas, semua raut wajahmu, kala kau tersenyum, kala kau marah, ataupun kala kau menangis.. Tahukah kau, selalu ada tempat di dinding kepalaku ini untuk tiap lukisan wajahmu itu, bagaimana denganmu ?

Hujan selalu punya cara untuk mendatangkan memori denganmu. Hujan rintik itu mengingatkanku saat aku melihat senyumanmu yang paling indah sedangkan hujan lebat mengingatkanku saat kau memegang tanganku dengan erat disertai dengan senyuman indahmu..

Pesan pendekmu masih aku simpan,

Daun Akan Tetap Hijau, Meski Awan Menghitam

Sore itu dengan mengendarai sepeda motor kesayangannya, seorang lelaki menyusuri jalanan yang basah karena rintik hujan sempat turun, meskipun cuma sebentar. Tujuannya? Tidak jelas. Selalu seperti itu. Seperti banyak hal di kepalanya yang mengganggu akan kemanakah dia berjalan dengan sepeda motornya. 5 menit berlalu.. 10 menit berlalu.. 15 menit berlalu.. Masih di atas sepeda motornya dan dengan tatapan penuh kehampaan, kosong, tidak berteman.. Hingga tibalaha dia di sebuah jembatan yang di bawahnya mengalir sungai yang tidak terlalu besar, kira-kira 3 meter lebarnya. Masih dengan helm yang melekat di kepalanya dia memperhatikan lamat bayang wajahnya terpantul dari aliran sungai yang cukup deras.. Cukup lama dia berdiri di situ, terlihat samar apa yang ada di bayangannya berjalan terangkai lurus dari sungai tersebut..

Belum lama ini dia baru saja dinobatkan sebagai

23 Januari 2013

Memulai Selalu Sulit

"Banyak jalan menuju roma",
"Dimana ada kemauan disitu ada jalan", 
"Alah bisa karena biasa"

Sedikit pepatah yang ada kaitannya dengan perjuangan menuju sesuatu yang diinginkan. Sebenarnya mudah saja untuk mencapai dan mendapatkan apa yang kita inginkan atau kita cita-citakan, kuncinya ada niat dan memang punya kemauan keras. Segala sesuatu atas dasar kemauan memang mudah akan terselesaikan dan cepat selesai. Tapi, tidak dengan semudah membalikkan telapak tangan juga

21 Januari 2013

Nikmati Saja, Selagi Sempat

Sore ini saya terduduk di ruangan biasa saya menghabiskan waktu. Bersama teman setia saya yang tidak pernah meninggalkan saya (HP nokia dan laptop) ditambah oleh kawan lama yang selalu ada saat dibutuhkan (segelas kopi). Sore ini, langit mendung dan akhirnya limpahan airnya menyesaki bumi kota ini, ya intinya lagi hujan gitu cuacanya, haha. Ada perasaan tenang di sana, perasaan yang penuh dengan lenguhan nafas tenang tanpa memburu. Nikmat dan jauh dari tekanan, begitulah nyatanya..

Di sruputan pertama dari kopi saya begitu terasa aroma kopi dengan campuran rasa moka-nya dan langsung mengecap lidah dengan nikmatnya. Sesaat terlintas banyak cuplikan lama tentang apa yang sudah dikerjakan hari ini, kemarin, kemarinnya lagi, minggu lalu, bulan lalu, bahkan tahun lalu. Berapa lagi saya bisa menikmati saat seperti ini? Kapan saya bisa merasakan perasaan tenang dan keadaan seperti ini lagi? Mungkinkah akan datang lagi saat seperti ini? Yang jelas pertanyaan ini akan terjawab di masa mendatang, dan catatan ini akan menjadi milestone-nya.

Ketikan jari saya melambat kala sebuah pesan pendek datang menghampiri HP kesayangan saya. Dari teman lama yang sudah lama tak berjumpa, menanyakan sedikit hal namun bercerita banyak hal.

20 Januari 2013

Semua Ada Waktunya

"Woiii, apa kabar loe? Gimana skripsi lancar? Doain gw yaa bulan depan mau sidang nih, bentar lagi gw lulus..."

Kira-kira itu percakapan saya di suatu siang via salah satu jejaring sosial (sebut saja twitter) dengan kawan lama saya di SMA dulu. Agak tercekat dengan pertanyaan yang dilontarkan olehnya, namun perlahan saya sadar, itu hal yang wajar bagi seseorang akan mengakhiri masa studinya di kampus. Saya masih maklum dia bisa lulus cepat karena memang lulusan di jurusan itu lulus dalam waktu yang singkat (grade-nya sama-sama S1), memang dia dari jurusan sastra dan saya dari jurusan sains, dan tidak bisa dikatakan itu sebagai perbandingan sepadan dari beban kuliah yang diterima, namun tetap saja saya terkejut mendengar kabar dia akan wisuda. Ada perasaan yang agak mengganggu setelahnya, perasaan seperti "kemana aja lo? temen lo udah pada lulus tapi lo malah bingung mau mulai TA apa gak!" atau "mau lulus kapan lo? mau dikatain angkatan tua yang ga lulus-lulus?" atau mungkin "kok gw bodoh banget ya, udah semester segini tapi belum tau mau TA kapan". Ya, jujur saya mendengarkan kata-kata itu mengisi kepala saya yang memang belum ada niatan menuju tugas akhir. Tapi, ya saya tidak mau ambil pusing, karena memang belum ada niatan. Toh, segala sesuatu tanpa niat ya hasilnya gak akan maksimal, ya kan?

Untuk segelintir orang, penelitian ataupun skripsi haruslah hal yang luar biasa karena ini cuma sekali seumur hidup,